Pelataran memasuki lokasi pantai Melasti (,Mac-Lesindo)

LESINDO.COM-Bali memiliki banyak pantai indah yang sudah dikenal dunia. Tak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur ke Bali untuk menikmati keindahan pantainya. Tak heran jika Bali sering menjadi tujuan liburan yang menyenangkan. Salah satu pantai yang menjadi andalan Pulau Dewata ini adalah Pantai Melasti.
Pantai Melasti menjadi daftar pilihan di antara pantai-pantai populer di Bali. Pantai ini berlokasi tepat di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang memikat lengkap dengan sejarahnya. Wisata Pantai Melasti memiliki keindahan pasir putih sebagai daya tarik utama pantai ini. Pantai Melasti juga tak kalah mempesona dari pantai-pantai indah yang ada di Bali seperti Pantai Kuta, dan Pantai Patitenget.

Hamparan pasir putih nampak lebih nyaman tidak seperti pantai Kute yang super padat (Mac-Lesindo)

Selain itu, Pantai Melasti juga memiliki sejarah yang unik. Nama Pantai Melasti ini diambil dari kebiasaan masyarakat setempat yang kebanyakan beragama Hindu melakukan upacara Melasti atau pembersihan di pantai ini. Melasti menjadi salah satu jenis upacara adat masyarakat Hindu yang dilakukan sebelum hari raya Nyepi.
Pantai Melasti juga menjadi tempat upacara Melasti bagi warga.
Awalnya pantai ini terletak di pantai ini terletak dibalik tingginya bukit kapur hingga membuat pantai ini jarang terjamah oleh wisatawan. Pantai Melasti mulai dikenal masyarakat luas setelah pembangunan akses jalan menuju pantai ini.
Proses pembuatan jalan menuju pantai ini pun tergolong sulit karena harus membelah bukit kapur yang menjulang tinggi. Setelah dilakukan rekonstruksi membuat kawasan wisata pantai ini terlihat lebih indah. Pantai Melasti memiliki akses jalan yang cukup menantang adrenalin, karena lokasinya yang berasa di balik bukit. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini akan melalui jalan berliku, menurun hingga menanjak.

Selain keelokan pantainya, objek wisata di Pantai Melasti juga menarik dari jalanannya yang berkelok. Meski memiliki akses jalan yang cukup memacu adrenalin, namun kondisi jalan menuju pantai ini sudah mulus. Sehingga membuat perjalanan menuju lokasi terasa lebih nyaman, bisa menggunakan kendaraan berupa motor maupun mobil.
Beragam fasilitas penunjang sudah tersedia di Pantai Melasti, seperti toilet, ruang ganti pakaian, warung jajan, area parkir yang luas dan lainnya masih dalam proses pengembangan. Harga tiket masuk kawasan wisata ini dipatok dengan harga sekitar Rp. 10.000 per orang untuk anak-anak, Rp 15000 untuk orang dewasa. Sedangkan untuk parkir mobil Rp. 5000, serta parkir motor Rp. 2000. Gunakan google maps untuk menuju ke wisata pantai tersebut, Namun perlu berhati-hati dengan kondisi jalan yang berliku agar selamat di tempat tujuan. (rona)