Konsep meniru dan afirmasi dalam indah (Zul)

 

LESINDO.COM-Pentingnya Aspek Nilai Agama Dan Moral Untuk Anak Usia Dini-Dalam mendidik anak, hal yang paling utama ditanamkan adalah nilai agama dan moral. Sebab nilai agama dan moral adalah pondasi utama dalam membentuk karakter seorang anak. Jika anak tidak memiliki moral, maka sikapnya akan buruk, begitupun jika seorang anak tidak memiliki agama, maka tujuan hidupnya tidak akan jelas.

Karena begitu pentingnya aspek nilai agama dan moral untuk anak usia dini maka perlu diberikan  pendidikan agama dan moral sejak usia dini. Anak  bagaikan selembar kertas putih yang masih bersih. Dan apa yang kita ajarkan bagaikan tinta hitam yang akan terpatri pada diri anak. Maka dari itu semenjak dini anak harus ditanamkan nilai-nilai agama dan  moral pada diri anak.Dengan tujuan untuk memberikan sang anak bekal saat menghadapi kehidupan di hari–hari berikutnya hingga ia dewasa.

Pengajaran kepada anak memang tidak harus keras dan memaksa. Cara yang ampuh untuk memberikan pelajaran atau pendidikan pada anak adalah dengan memberikan anak contoh dengan sikap kita. Sebab anak adalah peniru yang ulung. Kita yang dalam kesehariannya berada di sekitar anak, akan diperhatikan dan dicontoh oleh anak. Maka dari itu dalam berperilaku ketika dihadapan anak juga kita harus hati – hati. Dan sebisa mungkin harus memberikan contoh yang baik di depan anak.

Berikut ini adalah cara menanamkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak usia dini di antaranya adalah :

1. Memperkenalkan pada anak tentang Tuhan

Bagaimana pun anak harus mengetahui adanya Tuhan, dan siapa itu Tuhan. Mungkin saat masih kecil anak diberikan pengajaran agama yang dianut oleh orang tua terlebih dahulu, ketika usia18 tahun lebih anak boleh memilih agama mana yang akan dianut.

Alasan kenapa penting sekali mengajarkan anak tentang adanya tuhan sejak dini adalah untuk memberikan anak tentang pengetahuan siapa yang menciptakannya, siapa yang menciptakan langit bumi dan seisinya. Supaya anak bisa mengagungkan penciptanya.

Menetapkan keimanan dalam hati anak memang akan sedikit sulit. ,maka dari itu perkenalkan anak mengenai Tuhan dengan Bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh anak.

2. Mengajarkan Anak Cara Beribadah

Dengan memperkenalkan anak tentang agama saat ini akan mengajarkan anak apa dan bagaimana ibadah yang baik itu. Sehingga ketika sudah besar anak sudah mengerti apa yang harus ia lakukan sebagai orang beragama ,dan juga sudah paham bagaimana cara beribadah yang baik dan benar, sehingga ibadah menjadi kebiasaan sejak dini.

Pembiasaan dengan berlatih ibadah. (zul)

3. Mengajarkan Perilaku/Moral pada Anak

Agama manapun akan mengajarkan kebaikan, begitupun dengan hukum moral. Maka dari itu dengan mengenalkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak dini akan membentengi anak dari perilaku/moral yang buruk.

Dengan diajarkan aspek nilai agama dan moral anak akan menjadi tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan. Mana yang baik di hadapan Tuhan dan apa yang dilarang oleh Tuhan. Semua itu penting untuk menjadikan pribadi anak yang baik hingga masa depannya nanti.

Anak yang sudah terbiasa dididik dengan ajaran yang baik, kelak ketika sudah menjadi dewasa akan menjadi pribadi yang baik dan bijaksana, menanamkan nilai moral dan agama yang bagus. Sehingga kecil kemungkinan anak menjadi orang yang buruk peringainya.

Itulah mengapa begitu pentingnya bagi orang tua untuk menanamkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak usia dini. Jika anak dibiarkan hingga dewasa tanpa pengenalan aspek nilai moral dan juga agama, maka akan sulit untuk meluruskan sikap anak yang sudah terlanjur buruk atau tidak baik, jadi lebih baik dilakukan sedini mungkin.(Zul)