Lesindo.com –  Kampung Lembur Tohaga Lodaya Sabilulungan Ngalawan di Komplek Margaasih Permai, RW 19 Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung dinobatkan sebagai desa tangguh Covid-19 oleh Polres Cimahi.

Desa ini mengalahkan lima desa lain dalam perlombaan desa tangguh Covid-19 yang dilakukan Polres Cimahi di wilayah hukumnya.

“Hasil penilaian kita putuskan bahwa yang jadi contoh dan akan dilakukan penilaian oleh Polda Jabar adalah RW 19 Desa Margaasih,” kata Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Marzuki saat ditemui di RW 19 Desa Margaasih, Selasa 7 Juli 2020.

Desa tangguh Covid-19 kata dia, sudah lengkap dalam protokol kesehatan.

Di sana terdapat banyak tempat cuci tangan, ada pengecekan suhu tubuh bagi warga, ketahanan pangan dengan ternak lele, ada fasilitas karantina bagi pasien, dan tempat pemulasaran.

“Kami nilai desa ini merupakan desa tangguh Covid-19 yang cukup lengkap,” kata dia.

Sementara itu Bupati Bandung Dadang M. Naser merasa bangga lantaran Polres Cimahi memilih Desa Margaasih sebagai desa tangguh COVID 19 Polresta Bandung.

Sebelumnya, di Kabupaten Bandung ada Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu yang menjadi pilihan desa tangguh COVID 19 Polresta Bandung.

“Kami bangga terima kasih kepada Polres Cimahi yang menjadikan desa ini sebagai desa tangguh. Jadi ada dua desa di Kabupaten Bandung yang akan mewakili Polresta Bandung dan Polres Cimahi,” kata Dadang.***