Bambang Sugito, SE, M.Pd mengalungkan samir kepada para wisudawan. (mac-lesindo)

LESINDO.COM-Wisuda Perwira Muda SMK Kapal Niaga ANT-IV/ATT-IV Pelayaran Pancasila Kartasura yang dilaksanakan hari ini Sabtu, 24 September 2022 di Grand Mercure Solo Baru merupakan program tahunan SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. Deretan tamu undangan Joko Tri Haryanto, MT selaku ketua yayasan pendidikan Pancasila pembaruan Kartasura beserta jajaran, Drs. Sigit Martopo.M.Pd., selaku pengawas cabang dinas pendidikan wilayah 7, Wawan Wasianto, S.ST, sekretaris PUKP wilayah 5 Semarang. Jumlah wisudawan periode 24 September 2022 sebanyak 54 Perwira Pelayaran Niaga Tingkat IV dengan Tenaga Ahli Kelautan (ATT) IV dan Tenaga Ahli Teknik (ATT) IV. Jika dibandingkan dengan tingginya kebutuhan pelaut saat ini, jumlah lulusannya memang sedikit. Namun, kontribusi yang bisa kalian berikan kepada industri perkapalan nasional cukup besar. “Kehadiran kalian sangat berarti bagi transportasi laut kita, juga dalam mengharumkan nama besar Indonesia di dunia pelayaran internasional”, kata Sugiarni, S.Pd selaku ketua pelaksana wisuda sekaligus public relation SMK Pelayaran.

Dalam sambutan Bambang Sugito, SE.,M.Pd. selaku kepala sekolah SMK Pelayaran Kartasura bahwa proses pendidikan dan pelatihan yang dijalani para lulusan taruna tersebut dilaksanakan selama kurun waktu 4 tahun, dimana 3 tahun ditempuh di SMK dan 1 tahun ditempuh di atas laut. Dengan statusnya kini, para perwira pelaut pemegang sertifikat ANT-IV akan diberi kewenangan menduduki jabatan di kapal niaga sebagai Mualim Jaga atauu Mualim I.

Prosesi sebelum wisuda, para wisudawan berbaris melewati pagar pedang pora sebagai penghormatan (mac-lesindo)

“Kalian juga dapat ditempatkan sebagai nakhoda pada kapal dengan ukuran antara 500-3000 GT untuk daerah pelayaran dekat pantai (near coastal voyage), misalnya di jalur-jalur pelayaran antar pulau, tetapi semua kewenangan itu bisa didapat setelah mereka memenuhi semua persyaratan pengawakan kapal niaga”, papar Bambang.

Sedangkan para perwira pemegang sertifikat ATT-IV, setelah memenuhi memenuhi semua persyaratan pengawakan kapal niaga akan diberi kewenangan jabatan sebagai Permesin Kapal Dinas Jaga, Ahli Permesinan Kapal II, maupun Kepala Kamar Mesin pada kapal-kapal niaga bertenaga penggerak antara 750-3000 kW. Setelah menjalani aktivitas di kapal dengan status yang kalian dapatkan saat ini, kalian mau kembali mengenyam pendidikan untuk menaikkan rating ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ANT-III  maupun ATT-III.

Kepada civitas SMK Pelayaran Pancasila Kartasura, saya juga mengimbau untuk senantiasa membuka diri terhadap pengembangan yang berkesinambungan sehingga mampu mencapai kinerja yang membanggakan, yaitu mencetak tenaga-tenaga handal di bidang pelayaran niaga. Pencapaian ini harus dicapai SMK Pelayaran Pancasila Kartasura  selaras dengan peningkatan fasilitas yang sudah ada. Pola pendidikan yang diterapkan harus sejalan dengan perkembangan teknologi di dunia pelayaran maupun perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Ini penting agar bisa mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia pelayaran saat ini.

Prosesi foto bersama para perwira nautika kapal niaga (mac-lesindo)

SMK Pelayaran Pancasila Kartasura juga memulai melaksanakan program percepatan pembentukan perwira pelaut tingkat IV (ANT-III/ATT-IV). Program ini adalah program tengah digadang Badan Diklat untuk memicu pertumbuhan lulusan pelaut nasional dengan melaksanakan Ujian Keahlian Pelaut di semester V. Program percepatan pendidikan kepelautan menjadi krusial untuk dilakukan. Hal itu mengingat tingginya tingkat kebutuhan tenaga pelaut saat ini, yang tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di dunia internasional. (mac)