Penyerahan kembali tunggul pusdiklat dari ketua pelaksana kak Nuryatin kepada Kak Luwes Traviari Agusta, S.Sos., M.Si selaku kepala pusdiklat Kwartir Cabang Sukoharjo. (mac-Lesindo)

LESINDO.COM- Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) golongan siaga Kwartir Cabang Sukoharjo yang dilaksanakan di Kwartir Ranting Kartasura diselenggarakan pada tanggal 22 sampai dengan 27 Agustus 2022 bertempat di Kormin Kartasura di ikuti 43 peserta dari gugus depan yang ada dilingkup Kecamatan Kartasura. Dalam acara penutupan di hadiri dari pengurus Pusdiklat Cabang Sukoharjo, Plt Kwartir Ranting Kartasura dan Kakak Pembina Pelatih.

Dalam acara penutupan pukul 13.00 WIB Kak Nuryantin selaku ketua pelaksana kegiatan KMD melaporkan selama kursus  1 minggu dengan 23 segmen materi kegiatan yang dimulai  pukul 07.00 WIB berakhir sampai pukul 17.15 WIB dengan mengucap rasa syukur  alhamdulillah karena kursus sudah selesai.  “Dalam tes awal rata-rata peserta KMD yang jumlahnya 43 peserta  hasilnya rata-rata 50,  setelah 1 minggu mengikuti kursus dan diakhiri dengan tes akhir hasilnya cukup memuaskan rata-rata 80, peserta KMD dinyatakan lulus semunya tidak ada yang bersyarat maupun yang di tangguhkan”, paparnya

Kwarcab Sukoharjo, Pusdiklat, Plt Kwaran Kartasura beserta jajaranya. (mac-Lesindo)

Sebelum menutup acara Suripman, S.Pd yang mewakili Kwarcab Sukoharjo dalam bulan Agustus Kabupaten Sukoharjo mendapatkan penghargaan  juara 1 tingkat nasional dalam penataan dan pengelola pasar sehingga dalam upacara  HUT pramuka pada tanggal 30 Agustus nanti Bupati Sukoharjo selaku Mabicab  diharapkan menjadi Pembina upacara tidak bisa datang karena berhalangan ke Palangkaraya untuk menerima penghargaan yang menjadi kebanggaan warga Sukoharjo.

Lebih lanjut Suripman membacakan teks dari Kwarcab, teriring rasa syukur dalam penutupan  KMD di Kwartir Ranting Kartasura tahun 2022, mengucapakan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggjinya kepada seluruh andalan Kwartir Ranting Kartasura  yang telah bersedia dan berpartispiasi dalam kegiatan penyelenggaran KMD.

“KMD adalah sebuah wadah nyata bagi anggota dewasa untuk berlatih menempa ilmu menemukan karakter seorang pembina yang nantinya akan terjun digugus depan menjadi pembina satuan dan figure bagi peserta didik  dalam  mengembangkan peserta didik yang memiliki karakter spiritual sosial intelektual dan fisik sesuai kode  kehormatan gerakan pramuka”, jelasnya.

Oleh karena itu  marilah kita bersama-sama merealisasikan kegiatan-kegaitan yang positif dan inovatif untuk kemajukan kualitas gerakan pramuka Indonesia khususnya gugus depan, selain itu kakak-kakak semuanya dapat memanfaatkan moment yang baik untuk saling bersilaturahim dan mempererat rasa persaudaraan karena pada masa pademi ini hubungan komunikasi yang baik dapat membuat kita menjadi lebih kuat dalam manghadapi pademi ini. Jangan biarkan adik-adik kita bosan atau jenuh dengan kegiatan daring, ciptakan inovasi dan kreativitas anda untuk menyampaikan hakekat pendidikan pramuka yang mendidik dan menarik. Kakak-kakak dan peserta KMD yang kami banggakan dalam kursus dan pelatihan tidak dapat kita hindarkan adanya kesulitan rasa lelah dan berbagai hambatan serata rasa jenuh saya yakin peserta KMD dapat menjaga stabilitas diri yang mampu menciptakan suasana dengan aura yang positif selama jalanya kursus sehingga dapat berfikir dengan jernih dan brilliant yang harapannya akan melahirkan sebuah hasil yang terbaik dan maksimal. “Menurut saya adanya kesulitan rasa lelah dan berbagai hambatan juga rasa jenuh dengan tugas dalam suatu kursus adalah hal yang wajar,  kita tidak perlu rendah diri justru hambatan tersebut menjadi tantangan bagi kita untuk dapat mencapai hasil yang terbaik”, katanya.

Penghargaan dan apresiasi pelatih dari peserta KMD 2022. (mac-Lesindo)

Kakak-kakak dan adik-adik yang berbahagia pesan saya urip kwi urup artinya hidup itu dapat memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita sekecil apapun manfaatnya yang kita berikan jangan sampai menjadi orang yang meresahkan di masyarakat, dengan adanya kegiatan kursus berharap kakak semuanya menjadi seorang pembina yang dapat menghantarkan adik-adik peserta didik menjadi insan yang berkarakter sesuai dengan kode kehormatan pramuka. Menjadi insan yang baik dan sukses karena merekalah yang akan menggantikan kita dalam pendidikan pramuka menuju tujuannya  insyallah kakak akan belajar banyak akan arti membina dan mendidik. “Tetaplah berkarya dengan mengucapkan alhamdulillah hirobbil alamin kegiatan kursus Pembina Tingkat Dasar Kwarcab Sukohrajo tahun 2022 di Kwartir Ranting Kartasura di tutup”,  Suripman, S.Pd mengakhiri. (mac)