Peserta Persami tahun 2023 yang menerima piala juara tergiat 1,2 dan 3. (mac-Lesindo)

LESINDO.COM-Gerakan Pramuka Ranting Kecamatan Kartasura mengadakan kegiatan Persami tanggal 12 sampai 13 Agustus 2023. Persami yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun gerakan Pramuka yang ke 62 bertempat di Lapangan Singopuran Kartasura. “Acara persami ini mengambil tema Dengan Revitalisasi Gerakan Pramuka, Ayo Kita Cetak Generasi Bangsa Yang Berbudi, Bermoral, Berkarakter, Disiplin Dan Berdaya Saing Hebat”, kata Sriyono S Widodo, S.Pd selaku ketua pelaksana Persami Kwartir Ranting Kartasura 2023.
Sriyono yang juga sebagai kepala SDN Makamhaji 05 mengatakan bahwa peserta persami adalah sekolah gugus depan SD/MI se Kecamatan Kartasura. Setiap gugus depan mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri dan setiap regu berjumlah 10 orang. Secara keseluruhan jumlah peserta persami kurang lebih ada 500 putra dan 480 putri bahkan sebagian regu dari gugus depan sekolah masing-masing mengirimkan lebih dari 10 orang setiap regu sebagai cadangan karena mengingat cuaca yang begitu terik karena di kawatirkan ada yang sakit. “Jadi peserta persami tahun 2023 ini bisa lebih dari 1050 pramuka baik putra maupun putri, dalam pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 47 kakak pembina sebagai pantya dan juga melibatkan dari pihak puskesmas kecamatan Kartasura yang stand by 24 jam untuk membantu di team kesehatan dan juga melibatan keamanan dari pihak babinsa”, tandas Sriyono S Widodo, S.Pd.

Dari kiri Ketua Kwartir Ranting Kartasura Moh Ali Rusdi, S.Pd., M.Si, Sriyono S Widodo Ketua Pelaksana Persami, Kak Kristinah. (mac-Lesindo)

Dalam pelaksanaan persami juga diadakan lomba wide game, sedangkan wide game adalah permainan di luar ruangan dengan wilayah yang cukup luas yang diikuti oleh dua /tiga atau lebih tim /regu. Wide game bersifat permainan /pertandingan antar tim atau antar individu sehingga antara tim yang satu dengan lainya berusaha untuk memenangkan pertandingan. Namun demikian upaya dalam meraih kemenangan tersebut tetap dilakukan dengan cara-cara positive, obyektif dan menjunjung tinggi nilai–nilai persaudaraan antar anggota pramuka. “Wide game juga sebagai ajang untuk menerapkan teknik teknik kepramukaan yang telah dipelajari oleh pramuka persami”, jelas Kak Supriyanto, S.Pd. selaku koordinator lomba wide game.
Adapun wide game yang di gelar pantya persami meliputi di pos 1 sandi morse, pos 2 yel-yel pos 3 membuat drug bar di pos 4 PBB dan pos terakhir 5 adalah bumbung kemanusiaan setiap regu peserta persami mengumpulkan hasta karya, dan malamnya di adakan api unggun setiap gudep menampilkan satu atraksi.
Pada Minggu pagi hanya kegiatan operasi semut yaitu kebersihan di sekitar tempat persami, pukul 09.30 WIB dilakukan penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba persami. Regu tergiat putra juara 1 SD Al Hilal, juara 2 SD Kristen Kartasura, juara 3 SDN Wirogunan 02, sedangkan untuk tergiat putri di raih juara 1 SDIT Taqiya Rosida, juara 2 SDN Ngadirejo 01 dan juara 3 SDN Wirogunan 02. (mac)