Adventure Tebing dan Pohon Nyiur Di Sungai Maron

LESINDO.COM-Kabupaten Pacitan dengan sebutan Kabupaten seribu gunung selalu mempunyai tempat wisata yang selalu bermunculan, seiring dengan pemberdayaan masayrakat desa banyak lokasi yang baru dikembangkan dan kelola oleh BUMDES (Badan Usaha Millik Desa). Banyaknya potensi wisata alam sehingga membuat wisatawan banyak yang penasaran. Selalu saja ada wisata baru bisa dijelajahi ketika berada disana. Pacitan termasuk kota kecil paling ujung di barat di Jawa Timur yang berbatasan langsung antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Kota ini senantiasa menawarkan pesona alam yang indah bagi pengunjungnya menghabiskan waktu liburan. Wisata Pacitan identik panorama pantai dan gua yang menjadi andalan seperti pantai Kasap Pacitan yang view nya mirip seperti Raja Ampat Papua, ternyata masih ada banyak objek wisata Pacitan yang memiliki potensi besar menjadi wisata populer pada nantinya seperti objek wisata Sungai Maron Pacitan Jawa Timur.

Menyusuri sungai Maron jarak tempuh 4.5 km pelampung menjadikan perlengkapan wajib bagi penumpang (mac-Lesindo)

Wisata Sungai Maron Pacitan

Keindahan Sungai Maron tak perlu diragukan potensi pesona alam. Disini pengunjung disajikan tampilan pemandangan menakjubkan, ketika menyusuri sungai Maron Pringkuku Pacitan, di sebelah kanan dan kiri deretan pohon kelapa rindang dan tebing. Air sungai berwarna hijau disebabkan defleksi cahaya dari warna pepohonan rindang.

Karena pesona sungai Maron Jawa Timur, hingga sungai ini memiliki julukan baru yaitu Green Caynon Pacitan. Semua itu beralasan karena suasana sekitar yang hijau menyejukkan. Tak jarang pula para pengunjung menyebut sungai Maron dengan panggilan sungai Amazon Pacitan, sebab ketika menikmati sungai Maron akan merasakan jiwa petualang yang meluap-luap agar menyusuri seluruh bagian sungai.

Menikmati panorama alam sungai Maron di Pacitan tidaklah lengkap, jika hanya menyusuri tepian sungai. Maka sebaiknya menyusuri secara langsung sungai Maron, bila kawan ingin menikmati keindahan alam wisata sungai Pacitan secara lengkap. Dengan cara itulah pengunjung bisa menikmati keindahan tempat wisata Pacitan ini, gunakan perahu yang disewa dari warga desa Pringkuku. Tak hanya menyewakan perahu saja, warga setempat menyediakan berbagai fasilitas sungai Maron seperti warung makan, toilet umum, parkir dan peralatan pendukung wisata lainnya.

Ongkos sewa perahu sungai Maron Pringkuku Pacitan tergantung kondisi perahu yang disediakan warga, kisaran sewa perahu antara Rp. 100.000 hingga Rp 150.000, dalam satu perahu bisa menampung 4  hingga 6 orang. Jika ingin menyewa perahu memiliki sandaran punggung, jadi biaya sewa meningkat menjadi Rp. 155.000. Total biaya sewa sudah termasuk sewa pengemudi kapal sekaligus menjadi pemandu wisata.

Sungai Maron Dersono Pactian memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer, durasi perjalanan menggunakan kapal dan beristirahat kurang lebih 45 menit hingga satu jam. Kedalaman sungai Maron kurang lebih 20 meter. kawan wajib berhati-hati bila berenang disana, walaupun sudah menggunakan pelampung, arus sungai Maron Pacitan cukup deras.

Aliran arus sungai Pacitan ini cukup menantang, oleh karena itu sering diadakan festival atau berupa lomba menarik. Dimulai dari tahun 2012 hingga sekarang, setiap tahun selalu diadakan lomba dayung kapal sepanjang 300 meter yang diikuti oleh berbagai kalangan peserta dari berbagai daerah. Acara adat ini sangat ramai, sehingga menjadikan sungai tersebut semakin menarik dan ramai pengunjung

Biaya tiket masuk murah dan lokasi menarik ialah kelebihan dari wisata Sungai Pacitan ini, oleh sebab itu cocok sebagai liburan menyenangkan anda. Sungai Maron Pringkuku Pacitan bermuara di pantai Ngiroboyo, bila anda telah sampai di pantai, bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti water tubing dan surfing.

Terdapat kegiatan menarik lain yang dapat dilakukan ketika berwisata di sungai Maron Jaawa Timur, yaitu melakukan aktivitas memancing ikan, pasalnya memiliki beberapa spot memancing terbaik bagi teman-teman menyukai hobi memancing. Tak heran jika setiap hari banyak orang melakukan kegiatan memancing di sungai Pacitan setiap hari, karena di sungai ini memiliki banyak sekali jenis ikan. Diantaranya jenis ikan Bawal, ikan nila, ikan sidat dan masih banyak jenis ikan lainnya, sebab sungai itu merupakan pertemuan dari dua jenis air tawar dan air laut.

Mencapai objek wisata sungai Maron tidaklah sulit, lokasi sungai berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Pacitan, mungkin kurang lebih jaraknya sekitar 40 kilometer dari patokan alun-alun Pacitan, sedangkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu jam melalui jalur darat. Apabila anda datang dari kota Solo jaraknya sekitar 100 kilometer dan memerlukan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Walaupun jarak tempuh menuju sungai Maron Pringkuku Pacitan cukup jauh, namun jalan menuju kesana terbilang mudah ditemukan pengunjung. Jalan paling mudah menuju wisata sungai tersebut ialah dengan rute sungai Maron Pacitan termudah ialah sama dengan ke gua Gong. Ketika sesampai disana, tinggal melanjutkan perjalanan ke arah selatan kurang lebih 15 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menit agar sampai tepi sungai.

Sebagai informasi tambahan, medan jalan yang dilalui sampai ke tempat wisata sungai Pacitan tak mulus, sehingga anda perlu berhati-hati dengan kondisi jalan tidak rata, terlebih medan jalan mendekati area parkir wisata. Konsentrasi penuh ketika anda mengendarai kendaraan, khususnya bagi anda yang menggunakan kendaraan roda dua, karena kondisi jalan tidak rata, licin, terdapat genangan air dan tumbuhan lumut.

Bagaimana apakah anda tertarik bertualang di sungai Amazon Pacitan? menikmati panorama keindahan sungai Maron di Pacitan, maka anda tidak perlu khawatir lantaran biaya wisata dikeluarkan tidak terlalu besar. Harga tiket Sungai Maron Pacitan hanya Rp. 2.000 per orang, bagaimana murah bukan?. Biaya yang dikeluarkan begitu murah dengan pemandangan ditawarkan oleh tempat wisata di Pacitan tersebut.

Tips Wisata Sungai Maron

Setelah kita berbicara panjang lebar informasi terkait wisata sungai Maron Jatim maka ada baiknya menyaksikan bersama-sama seputar informasi wisata berlibur di sana.

  1. Menuju lokasi wisata sungai Maron di Pacitan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena sepanjang perjalanan wisata tidak terdapat angkutan umum. Lebih bagus lagi menggunakan kendaraan roda empat, agar lebih asyik wisata bareng-bareng teman serta lebih mudah menghindari kondisi jalan buruk.
  2. Membawa perlengkapan pendukung wisata seperti bekal dari rumah, baju ganti ketika bermain air di sungai Maron dan jangan lupa membawa alat pancing supaya tidak hanya kegiatan menyusuri sungai saja, melainkan kegiatan memancing juga menyenangkan.
  3. Tidak disarankan berenang di sungai, bila tidak pandai berenang. Lantaran sungai Maron Pacintan Jatim memiliki arus sungai cukup deras. Apabila anda berniat berenang sebaiknya bersama pemandu dan menggunakan pelampung.
  4. Sebagai wisatawan bijak, dilarang membuang sampah ke objek wisata khususnya di dalam sungai.
  5. Tidak disarankan berwisata ke sungai Maron Dersono Pacitan ketika musim hujan. Arus sungai di musim kemarau saja cukup deras apalagi musim hujan tiba, maka arus sungai jauh semakin deras.

Begitulah informasi lengkap yang ingin disampaikan ke pembaca setia data wisata seputar Temukan Pengalaman Menyusuri Tebing dan Pohon Nyiur Di Sungai Maron, semoga liburan anda menyenangkan. (mc)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *